WATER PURIFICATION SYSTEM LAB: Jenis dan Kegunaan

LABORATORY WATER PURIFICATION SYSTEM

MENGENAL WATER PURIFICATION

Water Purification atau Pemurnian air adalah proses menghilangkan bahan kimia yang tidak diinginkan. Tujuannya adalah menghasilkan air untuk tujuan tertentu. Kebanyakan air digunakan untuk diminum, tapi pemurnian air juga dirancang  untuk berbagai macam keperluan, termasuk memenuhi persyaratan medis, farmakologi, kimia dan aplikasi industri. Secara umum metode yang digunakan mencakup proses fisik seperti filtrasi dan sedimentasi, proses biologis seperti filter pasir lambat atau lumpur aktif, proses kimia seperti flokulasi dan klorinasi dan penggunaan radiasi elektromagnetik seperti sinar ultraviolet.

PRINSIP DAN CARA KERJA

Water Purification dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

Filtrasi Absorpsi

Filtrasi Absorbsi adalah menyaring kotoran atau kontaminan dengan menyerap ke dalam pori-pori media. Apabila sudah jenuh tidak bisa menampung kontaminan.

Pada umumnya penyaringan secara tradisional dilakukan dengan memakai pasir, ijuk atau arang. Prinsip yang dipakai adalah menyaring kotoran di permukaan media atau dengan kata lain adalah adsorpsi dipermukaan sehingga partikel-partikel yang mengotori air dapat ditahan dan air yang dihasilkan lebih jernih.

Destilasi

Cara ini merupakan bagian dari hasil kemajuan technology yang mana untuk mendapatkan air murni yang benar-benar murni bebas mineral membutuhkan cukup banyak energi, prinsip kerjanya serupa dengan air yang menguap ke udara kemudian turun menjadi air hujan. Air yang dihasilkan menjadi murni dan bebas mineral.

Reverse Osmosis

Salah satu system pemurnian air terbaik saat ini adalah system Reverse Osmosis (RO System). Dengan system Reverse Osmosis, semua bahan pencemar air mampu dibuang. Kelebihan lain adalah air sangat baik/bagus untuk kesehatan. Tahap atau proses pemurnian air minum dengan sistem Reverse Osmosis (RO System) adalah :

–  Tahap pertama Sedimen filter – menyaring partikel yang berukuran besar (lebih dari 5 mikron) seperti kotoran, lumpur, pasir, debu, karat, bahan mikro, kapur.

– Tahap kedua GAC Carbon Actived; menyerap bau, warna, rasa tak sedap, bahan kimia organic dan klorin.

–  Tahap ketiga CTO Carbon Block; memiliki 2 fungsi sebagai sedimen 10 mikron dan karbon aktif yang menyerap bau, warna, rasa tak sedap, bahan kimia organic dan klorin dalam tahap lanjutan.

– Tahap keempat Reverse Osmosis Membrane; membuang seluruh bahan pencemar air seperti virus, kuman, bakteri, kimia, fisika, biologi dan logam berat berbahaya. Ukuran kerapanan membrane reverse osmosis adalah 0,0001 mikron (satu helai rambut dibagi 500.000 bagian). Membrane reverse osmosis ini menghasilkan air murni (H2O) dan meringankan kerja ginjal karena bahan pencemar sudah terbuang.

– Tahap kelima bio energy filter dan spiral magnetic; memecah molekul air dengan sinar infra merah sehingga memiliki bio energy dan menghasilkan air hexagonal aktif untuk meningkatkan ketahanan dan kesehatan tubuh.

– Tahap keenam Post Carbon (Carbon Filter); mengembalikan kualitas alami air seperti rasa, menghilangkan bau tak sedap sehingga menghasilkan air dengan rasa alami.

JENIS – JENIS WATER PURIFICATION SYSTEM

1. Water Distilled / Water Still
 
adalah air yang telah direbus menjadi uap dan dipadatkan kembali menjadi cairan dalam wadah terpisah. Kotoran dalam air asli yang tidak mendidih di bawah titik didih air tetap di wadah aslinya. Jadi, air suling adalah salah satu jenis air yang dimurnikan.

2. Ultra Pure Water Purification

Ultra Pure Water adalah air hampir atau sama sekali tanpa kontaminan. Sistem air ultra murni adalah komponen penting untuk laboratorium di seluruh pasar termasuk manufaktur dan industri semi-konduktor.

Sistem Ultra Pure Water ini menghilangkan kontaminan kimia melalui deionisasi (DI) dan reverse osmosis. Sistem air ultra murni menghilangkan bakteri dengan radiasi UV. Sistem pemurnian air laboratorium ini dapat mencapai resistivitas hingga 18,2MHz-cm (resistivitas tinggi yang menunjukkan tingkat kontaminasi anionik rendah) dan dapat mengurangi karbon organik hingga kurang dari 50 ppb.

Sistem air ultra murni dilengkapi dengan filter ultra untuk menghilangkan endotoksin, DNase dan Rnase yang tersisa dari bakteri yang dihancurkan oleh UV, menghasilkan karbon organik total yang sangat rendah (TOC). Filter karbon tambahan dalam sistem pemurnian air laboratorium ini mengurangi kebutuhan untuk pra-perawatan, memungkinkan air keran sebagai sumber.

PT. TRIAS NATHOMI CHEMINDO adalah Distributor & Supplier Alat – alat Laboratorium, Alat Kesehatan, Alat Industri dan Chemicals.
Silahkan hubungi kami untuk kebutuhan alat-alat Laboratorium anda.

www.triasnathomichemindo.com
www.triasnathomichemindo.online
www.triasnathomichemindo.biz