REFRIGERATOR DAN FREEZER LABORATORIUM

REFRIGERATOR DAN FREEZER LABORATORIUM

MENGENAL REFRIGERATOR & FREEZER LABORATORIUM

Baik laboratorium rumah sakit, laboratorium klinik, laboratorium kesehatan masyarakat atau jenis laboratorium lainnya, biasanya ada sebuah benda berbentuk persegi panjang yang teronggok di sana. Benda ini berfungsi sebagai tempat menyimpan bahan-bahan laboratorium. Ya inilah Refrigerator & Freezer Laboratorium atau kulkas laboratorium.

Secara kasat mata, bentuk kulkas laboratorium ini tak beda jauh dengan kulkas yang ada di rumah kita. Paling yang membedakan adalah bentuknya lebih kecil.

Perbedaan lainnya adalah benda yang disimpan di dalamnya. Kalau untuk kulkas rumah tangga yang disimpan adalah barang-barang kebutuhan  sehari-hari untuk dikonsumsi, sementara untuk kulkas laboratorium ini  fungsinya adalah menyimpan benda-benda kebutuhan laboratorium. Termasuk
juga untuk menyimpan plasma darah, vaksin, obat-obatan, maupun benda  farmasi lainnya.

Perbedan lain Refrigerator & Freezer / kulkas laboratorium dengan kulkas di rumah kita adalah pada kulkas laboratorium ini harus benar-benar higienis dan dapat diandalkan.

Artinya kulkas laboratorium ini harus mampu mempertahankan suhu konsisten supaya meminimalkan resiko terkontaminasi bakteri atau benda tersebut mengalami ledakan jika kulkas ini tidak dapat mempertahankan suhu tertentu. Karena itulah kulkas laboratorium harus memiliki standar kualitas yang baik.

Selain itu, kulkas laboratorium ini juga harus memiliki pembagian area untuk mencegah terjadinya kontaminasi antar bahan yang disimpan di dalamnya. Misalnya ketika kulkas lab ini digunakan untuk menyimpan darah dan vaksin.

Jadi jelas di sini fungsi Refrigerator & Freezer atau kulkas laboratorium adalah untuk menyimpan benda-benda yang berhubungan dengan kepentingan laboratorium, seperti darah, vaksin, dan sejenisnya.

Jenis Kulkas Laboratorium

Secara umum, dapat dibedakan ada empat jenis kulkas laboratorium, yaitu:

  1. Lemari es lab yang khusus digunakan untuk menyimpan benda-benda eksplosif yang mudah terbakar dan zat kimia berbahaya. Pada kulkas ini dilengkapi dengan sistem yang mencegah terjadinya kebakaran.
  2. Lemari es yang dirancang untuk menjaga suhu stabil dan terdapat alat monitor suhu secara digital untuk memudahkan pemantauan. Inilah kulkas yang banyak digunakan di laboratorium secara umum.
  3. Kulkas untuk menyimpan darah. Pada kulkas jenis ini harus sangat handal. Supaya kualitas darah tetap terjaga dengan baik. Pada kulkas darah ini terdapat beberapa bagian untuk menyimpan jenis darah yang berbeda.
  4. Kulkas kromatografi yang digunakan untuk alat dukung eksperimen penelitian. Kulkas ini digunakan untuk menyimpan bahan-bahan yang digunakan dalam penelitian.

Temperatur Suhu Kulkas Laboratorium

Biasanya kulkas laboratorium ini beroperasi dari suhu 2°C hingga 10°C, kecuali ada kebutuhan tertentu yang membuat suhu kulkas tidak berada pada level tersebut. Karena itu dalam memilih kulkas untuk laboratorium, pastikan kemampuannya memang dapat dihandalkan. Sebab semakin dingin suhu sebuah kulkas, maka daya yang diperlukan juga makin besar.

Kulkas untuk lab ini juga dilengkapi dengan alat kontrol suhu untuk mengatur tingkat kedinginan sesuai keinginan. Bentuk alat kontrol pendingin kulkas itu ada yang bentuknya biasa dan ada yang berbentuk digital.

Selain itu, biasanya kulkas laboratorium ini juga dilengkapi dengan fungsi anti beku secara otomatis. Dengan demikian, sekalipun pengaturannya pada level paling dingin, namun benda yang disimpan
didalamnya tidak akan sampai membeku.

Memilih Refrigerator Freezer  Laboratorium yang Tepat

Dalam memilih Refrigerator & Freezer Laboratorium terbaik, Anda bisa pertimbangkan beberapa hal seperti:

1. Ukuran Refrigerator Freezer. Sebab ini bergantung dari space atau tempat yang tersedia di laboratorium. Anda bisa pilih Refrigerator & Freezer Laboratorium dengan ukuran yang sesuai di laboratorium Anda.

2. Desain Refrigerator Freezer. Bentuk Refrigerator & Freezer Laboratorium perlu dipertimbangan juga. Supaya saat benda ini diletakkan di dalam laboratorium dapat selaras dengan bentuk ruangan secara keseluruhan.

3. Dilengkapi kunci. Refrigerator & Freezer Laboratorium sebaiknya pilih yang memiliki kunci. Sebab benda-benda yang terdapat di dalamnya itu penting. Jadi untuk mencegah agar kulkas ini tidak mudah diakses sembarang orang, maka beli kulkas lab yang memiliki kunci.

4. Lihat fitur Refrigerator Freezer. Ada Refrigerator & Freezer Laboratorium yang dilengkapi alarm untuk mencegah orang yang tidak berhak membuka tempat penyimpanan ini.

5. Temperature Refrigerator Freezer. Refrigerator & Freezer Laboratorium memiliki Ambient suhu / Temperature yang berbeda – beda. Sebelum menentukan Refrigerator / Freezer sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu temperature yang anda butuhkan.

 

MACAM – MACAM REFRIGERATOR FREEZER LABORATORIUM

Refrigerator laboratorium berfungsi untuk tempat penyimpanan perlengkapan laboratorium dan alat lainya yang membutuhkan tempat penyimpanan steril dan pada suhu tertentu. Rak-rak yang berada di dalam unit freezer didesain sesuai dengan kebutuhan penyimpanan laboratorium.
Freezer Laboratorium adalah freezer atau lemari pendingin yang digunakan untuk berbagai tujuan di laboratorium, seperti menyimpan serum dan sampel jaringan, sampel DNA dan RNA, strain bakteri dan ekstrak protein. Bahkan freezer laboratorium digunakan di rumah sakit untuk menyimpan organ tubuh dan darah.
Blood bank refrigerator adalah tempat penyimpanan darah sebelum darah di distribusikan ke rumah sakit atau laboratorium. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga darah tetap awet dan tahan lama serta menjaga kualitas darah. Untuk menghindari darah rusak karena kelebihan suhu saat terlalu lama disimpan maka diperlukan monitoring pada darah selama disimpan.
Bio Medical Freezer lemari pendingin yang digunakan untuk berbagai tujuan di laboratorium, seperti menyimpan serum dan sampel jaringan, sampel DNA dan RNA, strain bakteri dan ekstrak protein. Bahkan freezer laboratorium digunakan di rumah sakit untuk menyimpan organ tubuh dan darah.
Pendingin obat juga disebut kulkas medis, dan beberapa teman juga disebut medical freezer. Peran utamanya adalah sebagai wadah reefer farmasi untuk transportasi dan penyimpanan obat-obatan, harus ada perbedaan antara kebutuhan untuk menggunakan lemari es medis untuk bahan kimia wadah penyimpanan adalah beberapa lingkungan penyimpanan suhu khusus dari produk biologis, seperti vaksin, serum, agen biologis, aktif Bakteri dll.
Refrigerator Freezer laboratorium dibuat tampak seperti freezer rumahan. Rak-rak yang berada di dalam unit freezer beserta pintu dan beberapa komponen lainnya sama dengan freezer yang biasa digunakan di rumah-rumah.
Blood Plasma Freezer memiliki kemampuan untuk menguji dan menggunakan darah dan plasma darah yang didonorkan merupakan bagian integral dari sistem perawatan kesehatan, yang menjadikan integritas dan keamanan penyimpanan mereka penting.

Ultra Low Temperature Freezer

1. Tipe Chest -86 ° C
2. Bio Medical Freezer
3. Non-CFC high-density polyurethane
4. Ketebalan isolasi 80mm

PT. TRIAS NATHOMI CHEMINDO adalah Distributor & Supplier Alat – alat Laboratorium, Alat Kesehatan, Alat Industri dan Chemicals.

Silahkan hubungi kami untuk kebutuhan alat-alat Laboratorium anda.

www.triasnathomichemindo.com
www.triasnathomichemindo.online
www.triasnathomichemindo.biz